Selamat datang di semutdesa.blogspot.com

Misteri Telaga Pasir Sarangan

14 Mei 20137komentar


Hay sobat semuanya,,, kali ini Semut Desa akan bercerita tentang salah satu obyek wisata di kabupaten Magetan, yaitu telaga Pasir sarangan.
Telaga Pasir Sarangan adalah telaga yang berada di lereng gunung lawu atau berada di Kabupaten Magetan jawa timur, telaga yang berada pada ketinggian 150 dpl ini mempunyai suhu udara yang sejuk sekaligus dingin ala pegunungan.
Dengan suasana yang asri dan pemandangan alamnya yang indah Telaga Pasir Sarangan dijadikan sebagai obyek wisata di Kabupaten Magetan.
Dari pemandanagn alamnya yang indah dan juga masih asri ternyata e ternyata Telaga Pasir Sarangan mempunyai cerita misteri yang hingga saat ini masih beredar di masayarakat.


Awal kisah dari asal mula Telaga Pasir Sarangan ini, Konon menurut cerita Telaga ini terbentuk secara gaib, pada jaman dahulu ada dua orang yang bernama Kyai Pasir dan nyai Pasir. suatu ketika kyai Pasir hendak pergi ke ladang mencari kayu bakar. Ketika mencari kayu bakar kyai Pasir dikejutkan oleh sesuatu dibawah pohon dan ketika mendekat melihatnya kyai pasir terkejut dan ternyata ada sebuah telur yang besar sebesar telur angka dan seketika ia mengambilnya untuk dibawa kerumah dan memberitahukan kepada nyai Pasir.

Sesampainya dirumah, kyai pasir langsung memberitahukan kepada nyai pasir dan telur itupun di masaknya dan di makan separuh oleh kyai pasi.
Beberapa waktu kemudian kyai pasir melanjutkan untuk pergi keladang, di tengah perjalanan kyai pasir merasakan badan panas dan secara misterius menjadi se ekor naga. kyai pasir pun berteriak, "nyai pasir nyai pasir nyai pasir" suara itupun didengar oleh nyai pasir "dimana kamu kyai pasir". kyai pasir menjawab "jika kamu ingin bertemu diriku, maka makanlah separuh dari telur tersebut" tanpa basa basi nyai pasir pun menuruti kata-kata misterius dari kyai pasir tersebut dan seketika terjadi persis seperti kyai pasir yang merasa panas dan seketika menjadi se ekor naga dan misteris menghilang di sisi telaga bagian timur bersama kyai pasir dan seketika terbentuklah sebuah kubangan yang memancarkan air dan terbentuklah telaga yang bernama Telaga Pasir dan mempunyai pulau kecil di tengahnya.
Cerita misteri masih berlanjut, datang dari pulau kecil di tengah Telaga Pasir. Konon pulau tersebut dijadikan sebagai tempat berdoa dan memohon sesuatu dan bahkan sampai memberikan berupa tumbal untuk apa yang diinginkan dan juga terdapat sebuah makam dari tokoh agama yang bernama Syech Muhdur.

Menurut ekpedisi Sholeh Pati dalam acara Mr tukul jalan-jalan. Pada telaga Sarangan terdapat dua penunggu gaib yang berwujud naga yang diyakininya sebagai perwujudan dari kyai pasir dan nyai pasir.
sedangkan dari pulau kecil tersebut di jaga oleh orang suci yang mempunyai kendaraan se ekor harimau putih dan juga terdapat 3 makam, Makam syech Muhdur, Makam nyai Ramping dan juga makam Joko lelono beliau seorang pengelana agama. Tetapi sosok-sosok dari telaga sarangan tersebut tidak pernah mengganggu dan menampakkan diri.
Dan hingga saat ini pada hari jumat pon bulan ruwah di telaga ini diadakan upacara larung sejaji/larung tumpeng. upacara dilakukan sebagi bentuk syukur kepada sang pencipta atas berkah yang diberikan pada telaga sarangan dan sekitarnya.
Sebelum Tumpeng raksasa di larung di tengah telaga terlebih dahulu di bacakan doa di wilayah punden atau pohon besar yang berada di timur telaga yang diyakini masyarakat sekitar sebagai tempat hilangnya misterius kyai pasir dan nyai pasir.

Hingga saat ini perwujudan naga dari kyai pasir dan nyai pasir dipercayai sebagai penjaga Telaga saranga. dan apa bila ada yang menyebutkan mitos "bagi siapa yang memakai baju hijau akan bahaya untuk ke telaga sarangan" itu adalah tidak benar adanya alias palsu.

Sekian dulu, semoga cerita diatas menambah wawasan kita. bye !!!
 

Ditulis Oleh : rendy kazemha

Christian angkouw Anda sedang membaca artikel tentang Misteri Telaga Pasir Sarangan. Dan Anda boleh mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk menyertakan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Semut Desa Blog's::

Rate this posting:
{[['']]}
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share this article :
Comments
7 Comments

+ komentar + 7 komentar

19 Mei 2013 04.41

Infonya bagus, keren, dan menarik sob. Ditunggu posting selanjutnya Kunjungi balik ke blog saya www.ankurniawan.blogspot.com

19 Mei 2013 17.31

Mitos atau cerita itu tak semua benar dan tak semua salah, maka harus di teliti dan dan di pahami agar tidak menyesatkan

20 Mei 2013 00.49

@Ahmad Kurniawan:mkasih kunjungannya gan

20 Mei 2013 00.51

@Andik Rasida:oke pak andik. maksih kunjungannya hlooo

Anonim
17 November 2013 05.23

Info nya menarik,, smpat ngeri waktu naik speedboat kalo ingat crita mistis nya,,

28 Desember 2013 07.50

@Anonim:hahaha iya gan

20 Maret 2014 20.19

cerita rakyat itu memang paling asik di baca

Poskan Komentar

Berkomentarlah yang Sehat :

* Gunakan kata-kata yang sopan
* No Spam
* No Pornografi
* No Sara


Silahkan berkomentar !!! Komentar anda inspirasi Semut Desa.

 

Copyright © 2013. Semut Desa Blog's - All Rights Reserved
Template Editor by Rendy Uye
Proudly powered by Blogger