Selamat datang di semutdesa.blogspot.com

Becak Lawu Kendaran Tradisional Magetan

21 Maret 20130 komentar

Becak lawu adalah kendaraan tradisional asal Magetan. Namanya pun di ambil dari  nama gunung di magetan yaitu gunung Lawu. Dari namanya saja Becak lawu berarti berada di wilayah sekitar lereng Gunung lawu.  Masyarakat sekitar akrab memberi nama becak lawu dengan sebutan Gledekan yang berarti di Gledek atau dijalankan pada jalan yang menurun seperti postur tanah diwilayah sekitar lereng gunung lawu yang naik turun serta tidak menggunakan bahan bakar setetespun dan pastinya ramah lingkungan. ho ho ho ho...
Alat transportasi tradisional ini mampu menjadi roda ekonomi masyarakat sekitar walaupun sudah ada kendaraan seperi mobil atau pun sepeda motor tetapi para sebagian penduduk memilih Becak lawu untuk mengangkut hasil bumi langsung dari ladang atau sawah yang berada di dataran ketinggian tepatnya di wilayah desa Ngeronk, Dadi, Singolangu dan sekitarnya masuk dalam kecamatan Plaosan kabupaten Magetan jawa timur. huih huih desa ane nih, jiaaah jadi promosi. heheheh.




Untuk menjalankanya cukup mudah tinggal mencari jalan yang menurun dan ketika ingin mengeRem tinggal menarik pegangan tangan kearah belakang  otomatis rem di belakang ban mengahambatnya serta mengemudikannya dengan kaki untuk membelokkannya.
Hingga saat ini pun masih bisa kita jumpai ketika saat berkunjung di obyek wisata Telaga Sarangan, Jika agan ingin tahu wujudnya dan bentuknya sekalian berwisata datang ke sarangan saja, pastinya sering menjumpai Becak Lawu ini yang menngankut barang hasil pertanian warga sekitar.


Sumber :  http://cyberndut17.wordpress.com/2013/02/03/becak-lawu-kendaran-tradisional-magetan/

Ditulis Oleh : semut blog

Christian angkouw Anda sedang membaca artikel tentang Becak Lawu Kendaran Tradisional Magetan. Silahkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk menyertakan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Semut Desa Blog's::

Rate this posting:
{[['']]}
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

Berkomentarlah yang Sehat :

* Gunakan kata-kata yang sopan
* No Spam
* No Pornografi
* No Sara


Silahkan berkomentar !!! Komentar anda inspirasi Semut Desa.

 

Copyright © 2021. Semut Desa Blog's - All Rights Reserved
Template Editor by Rendy Uye
Proudly powered by Blogger